Nasi Jagung

Nasi Jagung merupakan salah satu altenatif pengganti nasi dengan kadar karbohidrat yang cukup tinggi terkandung di dalamnya. Maka dari itu, sebagian dari masyarakat di Indonesia banyak memanfaatkan nasi jagung sebagai nasi pokok yang dikonsumsi setiap harinya.

Tanaman jagung atau tanaman yang memiliki nama latin Zea mays ini kerap dijumpai di berbagai daerah dikarenakan mudah ditanam terutama pada area yang memiliki kandungan tanahnya cukup subur.

Banyak sekali manfaat dari tanaman jagung selain sebagai pengganti nasi, Anda juga bisa mengolahnya menjadi makanan lezat lainnya seperti kue, cemilan, keripik, popcorn, jagung rebus dan bakar, atau yang lainnya.

Masa tanam jagung mulai dari bibit hingga proses panen membutuhkan waktu kurang lebih 120 hari. Lebih jelasnya berikut akan kami ulas banyak hal tentang nasi jagung mulai manfaat, efek samping, hingga cara membuatnya.

Seperti Apa Sih Kandungan Nasi Jagung?

Beras jagung atau bisa disebut dengan tepung jagung kasar ini ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi atau gizi yang sangat banyak. Telah diteliti dalam 100 gram beras jagung terdapat kandungan energi dengan jumlah sebayak 345 kkal. Sedangkan sejumlah protein dan lemak yang terkandung sebesar 9,1 gram dan 2 gram.

Selain itu, terdapat pula kandungan lainnya seperti karbohodrat, kalsium, fosfor, dan zat besi dengan jumlah masing-masik sebanyak 76,5 mg, 14 mg, 311 mg, dan 3,7 mg. Di dalam nasi jagung pun terdapat vitamin B1 sebanyak 0,17 mg sebagai salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dan sangat bermanfaat.

Pengukuran kandungan pada beras jagung yang lain bisa saja memunculkan hasil yang berbeda dikarenakan terdapat beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhinya. Maka dari itu hasil di atas bisa Anda jadikan perkiraan banyaknya kandungan yang terdapat pada nasi jagung.

Manfaat Nasi Jagung Yang Perlu Diketahui

Sebagai salah satu bahan pangan yang memiliki kandungan karbohidrat dalam bentuk kompleks, nasi jagung memiliki banyak manfaat terutama bagi para penderita diabetes atau bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

Dengan kandungan yang dimilikinya, mampu memperlambat proses pencernaan sehingga kenaikan kadar gula yang ada pada tubuh pun ikut menjadi lambat. Selain itu, Anda akan merasakan rasa kenyang yang lebih lama sehingga mampu mengurangi konsumsi makanan lain dan berat badan pun akan turun.

Apa lagi pengelolaan non-insulin dependent mellitus (NIDDM) serta dampak akan hipertensi menjadi lebih efektif karena kandungan phytochemical. Penyerapan serta pelepasan insuli dalam tubuh juga akan diatur dengan baik oleh kandungan senyawa fitokimia yang ada di dalam nasi jagung.

Cara Membuat Nasi Jagung

Untuk menghasilkan nasi jagung dibutuhkan beberapa tahap yang perlu dilewati mulai dari biji jagung utuh hingga menjadi beras yang siap untuk dimasak. Terdapat empat langkah yang perlu dilakukan yaitu sebagai berikut:

  1. Siapkan bahan yaitu biji jagung yang telah kering dan tak lupa alat yang akan dipakai yaitu berupa mesin giling yang nantinya akan merubah biji jagung menjadi butiran yang sama ukurannya dengan beras nasi pada umumnya.
  2. Lakukan proses penggilingan biji jagung dan dilanjutkan dengan mengayak hasil gilingan tersebut yang memiliki ukuran lubang sebesar 1,4 mm. Hasil dari proses ayakan menuju tahap selanjutnya yaitu ditampah dengan tujuan agar kotoran yang ada bisa hilang.
  3. Selanjutnya hasil dari proses tampahan bisa langsung Anda cuci dan direndam ke dalam air dengan waktu kurang lebih selama 2 jam agar nasi jagung bisa bersih dari kotoran yang ada.
  4. Nasi jagung hasil dari rendaman tadi masih dalam kondisi basah. Maka dari itu, Anda perlu menjemurnya agar kadar air yang ada pada nasi jagung berkurang dan bisa kering. Jadilah beras jagung yang siap untuk dimasak sesuai dengan selera.

Cara Memasak Nasi Jagung

Terdapat dua cara dalam mengolah dan memasak nasi jagung, yaitu bisa dengan menggunakan rice cooker atau dengan mengukusnya. Berikut cara memasak dengan menggunakan rice cooker yang lebih simple.

  • Adapun cara memasaknya menggunakan rice cooker yaitu pertama siapkan beras jagung ke dalam wadah kemudian dicuci hingga bersi menggunakan air dingin. Cara ini bisa Anda lakukan seperti Anda mencuci beras biasanya.
  • Masukkan hasil cucian tadi ke dalam panci rice cooker. Jangan lupa untuk menambahkan air kurang lebih setinggi 0,5 – 1 cm dari permukaan beras jagung.
  • Tutup dan tekan tombol ‘cook atau memasak’ dan tunggu hingga lampu indikator yang semulanya menandakan dalam proses memasak berubah menjadi warm atau masak. Angkat nasi jagung dan siap untuk dihidangkan.

Dimana Bisa Mendapatkan Nasi Jagung?

Nasi jagung merupakan salah satu makanan yang kerap ditemukan di berbagai daerah salah satunya terdapat di Kota Malang yang mana menjadikan nasi jagung sebagai salah satu kuliner khas dan banyak diburu.

Di Malang nasi jagung bisa ditemukan di pedagang pinggir jalan pada pagi hari sebagai menu sarapan andalan.Dengan harganya yang cukup murah dan dilengkapi dengan berbagai lauk dan sayuran menjadikan banyak digemari dan diincar oleh masyarakat dipinggir kota.

Cara Menyajikan Nasi Jagung yang Nikmat

Berbagai macam kreasi unik yang dilakukan untuk menghasilkan rasa dari nasi jagung yang dikmat telah banyak dilakukan dan dicari terutama bagi para pecinta kuliner olahan nasi jagung. Salah satu cara mengolah nasi jagung yang unik dan menarik yaitu dengan membuat nasi jagung goreng.

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk menghasilkan nasi jagung goreng antara lain sebagai berikut:

  • 1 bungkus nasi jagung atau ampok
  • 1 ekor ikan pindang yang disuwir tipis
  • 4 siung bawang merah yang diiris tipis
  • 3 siung bawang bawang putih yang diiris tipis
  • 5 buah cabe rawit, potong tipis
  • Irisan daun bawang, secukupnya atau sesuai selera
  • Garam dan penyedap rasa, secukupnya atau sesuai selera

Jika semua bahan di atas telah siap, Anda bisa lanjut melakukan langkah pembuatan nasi jagung goreng sebagai berikut:

  • Panaskan minyak goreng secukupnya dan tumis bawang merah, bawang putih, serta cabe rawit hingga harum.
  • Masukkan ikan pindang yang telah disuwir tadi dan aduk hingga ikan mulai matang.
  • Kemudian masukkan nasi jagung, garam, dan penyedap rasa lalu aduk hingga bumbu rata dan meresap ke dalam nasi jagung.
  • Pada sentuhan akhir jangan lupa untuk menaburkan irisan daun bawang dan aduk kembali.
  • Matikan api kompor dan sajikan nasi jagung goreng di atas piring saji.

Efek Samping Makan Nasi Jagung

Meskipun nasi jagung memiliki banyak manfaat, namun jika Anda mengonsumsinya dengan jumlah berlebih maka akan dapat memunculkan dampak negatif sebagai berikut:

  1. Sulit dicerna oleh tubuh karena memiliki kandungan selulosa
  2. Tidak baik dikonsumsi setiap hari karena kandungan gulanya tinggi
  3. Terganggunya kerja usus karena mengubah protein menjadi gluten
  4. Memicu peradangan usus akibat tidak bisa dipecahnya protein jagung

Sekian ulasan mengenai banyak informasi tentang nasi jagung. Semoga dapat bermanfaat khususnya bagi Anda yang suka mengkonsumsi makanan berbahan jagung, terimakasih.

Pesan Nasi Jagung : 0823-3895-1126

Leave a comment

Your email address will not be published.


*